Tempat Panahan Range Lodaya Bandung


TEMPAT LATIHAN PANAHAN YANG NYAMAN BERSAMA PARA PELATIH YANG MURAH SENYUMAN

Setiap orang tentu punya olahraga pilihannya ya. Ada yang suka senam aerobik, zumba, tenis meja, golf, renang, dan masih banyak lagi. Tapi kalau saya sih kebetulan sukanya cuma yoga, panahan, dan berkuda. Please jangan tanya tentang berenang, saya dua kali tenggelam 😁, jadi cukup sudah renang-renangannya, nanti saja kalau Moonlight sudah cukup besar, tak bawa ke kolam renang bayi, saya bisa ikut renang di situ dengan alasan nemenin anak 😂. Di kolam renang bayi tak mungkin tenggelam kan ya 😢😅.

Sebagai salah satu olahraga yang saya suka, panahan bagi saya adalah suatu kegiatan yang baper pisan, hayu weh panahan, dan selalu diupayakan untuk dilakukan, meski kadang waktunya sebenarnya ga ada, gear pernah ga punya, dan saya penderita radang sendi di bagian leher dan lengan (kanan dan kiri), yang herannya begitu dibawa panahan si sakit-sakit malah hilang. Demikian katanya kekuatan psikis bisa mengalahkan lemahnya kondisi tubuh.

Maka, demi kesehatan jiwa dan raga itu lah, pada suatu hari di bulan Juli, meluncurlah saya menuju salah satu area latihan panahan yang umum dikenal dengan nama Range Lodaya beralamatkan GOR Sepak Takraw Jalan Lodaya No. 22 Bandung. Tempat yang strategis sebetulnya untuk warga Kota Bandung, namun jadi terasa "kurang manis" bagi warga Kabupaten Bandung seperti saya. Jauhnya bikin lelah, sampe lokasi bisa narik busur dua rambahan aja udah syukur. Baiknya begitu sampai mampir ke kantin dulu untuk cemal cemil dan banyak jajan, setelah kenyang lalu pulang #eh. Trus kenapa tetap kesana? Sebab mendung tak selalu hujan kah? Oh bukan, saya kesana karena ada janji bicarakan proposal dengan salah satu coach senior di Range Lodaya.

"Jadi bertemu di Range Lodaya soal proposal Wa? 
"Iya dong"
"Bawa gear jangan"
"Ya bawalah, biar sekalian latihan" (*ngapain jauh-jauh ke range lalu ga latihan)
"Baiklah"
Readers 😊, meet Mister Abong alias Pak Bonny alias Wa Abong. Beliau adalah coach penunggu Range Lodaya. Teman-teman yang datang ke lokasi dengan wajah bimbang, hati galau, pikiran resah, saran saya temui beliau untuk mendapatkan pencerahan dan kegembiraan dalam archery. Waktu saya di sana pun bolak-balik Wa Abong ini menerima tamu baik yang datang sendiri maupun yang berkelompok satu keluarga. Semua ingin tau tentang archery di Lodaya, semua ingin dekat dengan Raisa. Poin yang terakhir abaikan ya. Lupakan Raisa.


Picture : Tampak Wa Abong lagi sibuk melayani pertanyaan calon member BACS yang datang

Tentang Range Lodaya
Tentu saja disamping Wa Abong ada coach-coach lainnya juga yang ga kalah mumpuni. Sekilas usia mereka ada yang muda-muda. Tak usah khawatir, mereka sudah pada lulus training coach kok. Tugas mereka mendampingi para archers yang sedang latihan memanah di Range Lodaya. Tak cuma archers yang dewasa, para pemanah mungil dengan ukuran badan belum juga lebih dari satu meter pun mendapatkan porsi perhatian dan bimbingan yang sama. Dan hari ini, range cukup ramai dipenuhi oleh pemanah usia anak-anak, remaja, dewasa, senior, baik laki-laki maupun perempuan. Di sisi-sisi area panahan terlihat para orangtua atau wali mereka, duduk menunggu dan menonton anak-anaknya latihan sambil bisa pesan es jeruk atau beragam jus dari kantin.


Picture : Bisa ikut nunggu, nonton, dan istirahat di sisi area panahan

Mushola, Kantin, Toilet, dan Area Parkir
Nah, ini dia poin penting lainnya dari sebuah lokasi. Ada kantin ga? Mushola gimana? Toiletnya bersih ngga? Tiga pertanyaan mendasar yang kerap ditanyakan ya itu tadi. Saya bantu jawab ya. Kantin ada, bisa pesan beberapa menu di sana, mulai dari nasi goreng, nasi ayam, sampai minuman seperti jus dan air mineral tentunya. Harga lebih mahal sedikit dibanding beli di penjual non lokasi. Contohnya es jeruk Rp.10.000, tapi rasanya enak, manis segar. Mushola cukup lah, luas kurang lebih 3x3m sepertinya, dikarpet bersih, ada sajadah dan mukena. Toilet tersedia untuk ladies dan gentleman. Maaf ga bisa kasih review toilet laki-laki, terlalu mencurigakan bila saya masuk ke sana. Untuk toilet perempuan kondisi bersih, namun toilet bisa dibilang harus diperbaiki. Ga ada kaca di toilet, bu ibu dan mba-mba bawa kaca kosmetik ya kalau mau rapih-rapihkan pakaian atau kerudungnya.


Picture : Kantin

Fasilitas tempat parkir lumayan muat untuk 10 mobil plus motor. Tapi kalau lagi ramai, area parkir jadi padat juga sih sehingga kadang sulit untuk keluar. Kadang harus wowo-woro supaya Bapak X mundurkan mobil dulu agar kendaraan kita (terutama mobil) bisa keluar dari area parkir. 


Picture : GOR Sepak Takraw tampak depan dan area parkirnya

Detail Range Lodaya dan Biaya-Biaya
Kembali ke area archery 😊, Range Lodaya nyatanya memang indoor. Panjangnya 21 meter dan lebar 15 meter sehingga bisa mendukung panahan berjarak 20 m, 10 m, dan 5 m. Tersedia cukup face target dengan bantalannya yang kokoh di tiap jarak panah tersebut. Range Lodaya buka setiap hari Senin - Rabu dari pukul 11 siang sampai 3 sore, dan Kamis dari pukul 2 siang sampai pukul 6 sore. Range Lodaya ini adalah salah satu Range milik Bandung Archery Club & School (BACS). Kita bisa memanah di sini dengan membayar iuran anggota Rp.100rb/tahun dan Rp.150rb/bulan (free latihan 10x/bulan di range BACS area manapun) untuk member BACS atau membayar Rp.60rb/2 jam untuk non member. Tak perlu khawatir jika tak memiliki perlengkapan panahan. Tinggal sewa dan bayar Rp. 15rb kok. Busur-busur yang dapat disewa merupakan standard bow bermerk, antara lain cartel dan optimo. Dengan menyewa gear kita sudah mendapatkan satu bow, 3 arrow, 1 arm guard, dan 1 fingertab. Itu sudah mencukupi untuk panahan. 


Picture : Suasana panahan

Harus diakui bahwa area panahan di Bandung cukup banyak. Bahkan sebenarnya ga harus ke range juga, di rumah pun saya bisa panahan, yakni memanah menyerong, target diikat di kursi teras, kepanasan, dan tiap sekian menit tetangga komen "Wah, si teteh jago euy, #padahal jelas arrow saya lagi ngaco terbangnya, belum lagi ada lima atau enam anak-anak kecil yang kelewat antusias menyaksikan adegan menegangkan ini sambil ceriwish nanya-nanya "Tante, ini apa namanya?" Lalu sentuh-sentuh kuiver saya hingga konsentrasi pun buyar karena mereka berdiri terlalu dekat... duh bahaya pisan!!.. Apapun itu poinnya ya itu tadi, saya pribadi tetap suka panahan di Range Lodaya meski banyak alternatif area panahan lainnya.

Kalau ditanya alasannya maka jawaban saya sederhana sih. Dengan latihan di Range Lodaya saya bisa sekaligus bersilaturahim dengan sesama pemanah, berguru pada archer senior, dan ber-hepi-archery ria dibimbing coach yang ramah dan murah senyum. Selintas ramah dan murah senyum seperti hal yang sepele ya. Padahal Kotler bilang service excellence is an important value which every company should has. Sepertinya murah senyum dan ramah adalah bagian dari layanan yang dimiliki oleh BACS Range Lodaya. Selain itu, sebenarnya tempat ini jadi terasa tak begitu jauh dari rumah saya yang berada di daerah Cileunyi, dengan catatan saya harus tempuh jalur tol Cileunyi lalu keluar di tol Moh Toha. Bahkan dengan kendaraan umum total ongkosnya ga lebih dari Rp.30rb. Bagaimana kalau naik taxi atau taxi online? Yah waktu itu pernah juga pake taxi online dari Lodaya ke Cileunyi lewat tol dan waktu itu kena charge sekitar Rp.80rb-an.

How to Get There
Untuk mencapai lokasi Range Lodaya BACS di GOR Sepak Takraw Jalan Lodaya No 22 Bandung, teman-teman bisa gunakan taxi dan ojek online yang banyak tersedia di kota Bandung. Bisa juga naik angkot atau bis tapi jadi muter-muter dulu ngikutin trayek angkutannya. Bisa juga pakai kendaraan pribadi tentunya. Ongkos di Bandung bervariasi tergantung jenis transportasi dan jarak. Menurut saya sih ojeg online termasuk transportasi yang paling murah dan cepat dibanding yang lainnya mengingat Bandung saat ini cukup banyak titik macetnya. Tapi pastikan cuaca lagi cerah ya, sebab kalau hujan naik ojeg pasti kurang nyaman. Untuk ancer-ancer lokasi, GOR Sepak Takraw ini berdekatan dengan Pusat Jualan Buku Palasari, kawasan jual buku yang populer di Kota Bandung.


Picture : Peta Range Lodaya di GOR Sepak Takraw


Teman-teman tertarik untuk panahan? Lokasi di kota Bandung bukan? Cari tempat yang nyaman dan pelatihnya ramah-ramah ga? Saya rekomendasikan Range Lodaya ya 😊. Coba datang dan mainkan panahmu di sana 😊. Carilah Wa Abong, jangan Raisa #eh. Sampai jumpaaaa ya di sana.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panahan di Range Batununggal Bandung Archery

Prolog